DAMPAK GAYA HIDUP MODERN BAGI KELUARGAKU

SMA NEGERI 2 BALIGE
PEMBELAJARAN PAK KELAS XI IS 2
RABU, 14 JANUARI 2020



1.       PENGERTIAN MODERNISASI

·         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, modernisasi merupakan proses pergeseran sikap dan mentalis sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.
·         Menurut J.W Schrool (1998) mengungkapkan modernisasi merupakan penerapan pengetahauan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Aspek yang paling menonjol proses modernisasi adalah perubahan iptek yang sangat tinggi.
·         Menurut Koentjaraningrat (1996) mengungkapkan bahwa modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan sekarang.
Dari sekian banyak pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa modernisasi adalah sebuah proses pergeseran yang terjadi kepada individu maupun masyarakat secara holistic sesuai dengan tuntutan zaman modern yang didalamnya mengungkapkan semangat untuk hidup, bersikap, berpikir secara efektif, efisien, praktis, sederhana, serta menghargai kehidupan dan menghargai waktu.

2.       BERUBAHNYA BERBAGAI FUNGSI KELUARGA
Dampak yang paling mendasar dari modernisasi bagi keluarga adalah :
a.        Perubahan fungsi dalam bidang pendidikan.
b.       Fungsi dalam sosialisasi anak
c.        Fungsi perlindungan
d.       Fungsi perasaan
e.         Fungsi rekreatif


3.       DAMPAK MODERNISASI BAGI KELUARGA
Ternyata modernisasi yang terus berjalan di tengah- tengah masyarakat memiliki dampak yang cukup signifikan. Dampak modernisasi tersebut dapat berbentuk pengaruh positif maupun negative baik dalam kehidupan pribadi maupun keluarga.
·         Pengaruh positif modernisasi misalnya dapat membentuk anggota keluarga menjadi pribadi yang menerima dan terbuka pada hal- hal baru. Pada umumnya mereka berani menyatakan pendapat, menghargai waktu, memiliki orientasi pada masa depan, percaya diri dan memiliki perencanaan akan masa depan.
·         Pengaruh negative dari dampak modernisasi adalah membentuk seseorang untuk memiliki kecenderungan berpikir dan bersikap pragmatis. Terlalu menggantungkan diri terhadap alat- alat modern, bahkan modernisasi dianggap sebagai Allah. Dalam kehidupan remaja, modernisasi dapat meningkatkan kenakalan remaja dan meningkatkan perilaku menyimpang.


4.       KELUARGA SEBAGAI BEJANA TANAH LIAT DI TENGAH DAMPAK MODERNISASI

Berdasarkan pemahaman yang menyatakan bahwa modernisasi adalah sebuah proses dengan aspek penting, yakni efektivitas, efisien, praktis, sederhana, menghargai kehidupan, dan menghargai waktu. Oleh karena itu, keluarga Kristen perlu mengembangkan sikap yang terbuka dan mau menerima masukan dari semua pihak termasuk setiap proses perubahan yang diusung oleh zaman modern. Oleh karena itu agaknya model keluarga “bejana tanah liat” yang dicetuskan oleh Marjorie Thomson (2000) dapat menjadi rujukan pembelajaran bagi keluarga.
Pada dasarnya “keluarga sebagai tanah liat” memiliki esensi bahwa keluarga memiliki sikap dan pikiran yang tidak kaku, cenderung terbuka, dan dapat menerima perubahan. Keluarga dapat dan bisa dibentuk ulang oleh Tuhan untuk dapat menerapkan model tersebut.  Dalam Alkitab, kita bisa menemukan contoh dampak modernisasi atau perubahan zaman yang positif maupun negative bila dikaitkan dengan keluarga.  Dampak negative dapat kita lihat dari kisah kehidupan keluarga isai yang mempengaruhi kehidupan Daud anaknya (1 Samuel 16: 1-12). Dijelaskan bahwa didikan Isai di rumah mempengaruhi cara hidup Daud selanjutnya, terutama ketika dia sudah menjadi Raja. Tentu saja kita harus meneladani sikap positif daud.
Namun dalam masyarakat modern banyak orang yang bersikap egois, pemikiran pragmatis, mentuhankan modernisasi, kurangnya penghargaan terhadap kemanusiaan dan banyak terjadi penyimpangan keluarga. Dalam konteks ini Alkitab memberikan saran sederhana mengenai aturan  yang pantas dalam membina hubungan sesama anggota keluarga Kristen (efesus 5: 22, 24).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA