RPP K13 REVISI TERBARU 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                               : SMA  NEGERI 2 BALIGE
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                    : X/ Ganjil
Tema                                    : Kedewasaan Remaja Kristen
Materi Pokok                       : Bertumbuh dan semakin berhikmat
Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·   KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·  KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1.       Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa
·      Mengakui karunia Allah yang terus memelihara kehidupannya sehingga mampu bertumbuh sebagai pribadi dewasa
2.       Mengembangkan  perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
·      Mengembangkan perilaku yang mencerminkan pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
3.       Mengidentifikasi ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa
·      Menjelaskan pengertian pribadi dewasa
·      Menguraikan cirri- ciri pribadi yang bertumbuh menjadi dewasa
·      Mengungkapkan peran Allah yang senantiasa membimbing manusia menuju kedewasaan.
·      Menghayati dan memaknai peran Allah sebagai pembimbing manusia menjadi pribadi Kristen yang dewasa

·      Menuliskan dan menyampaikan pendapat masing – masing tentag cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami makna pribadi remaja Kristen yang dewasa
·         Mengembangkan perilaku tanggung jawab sebagai wujud kedewasaan remaja Kristen
·         Menjelaskan ciri- cirri remaja Kristen yang dewasa
·         Menjelaskan peran Allah yang memberikan karunia kedewasaan kepada remaja Kristen.
·         Mengungkapkan peran Allah yang senantiasa membimbing remaja Kristen menuju kedewasaan iman.
·         Menghayati dan memaknai peran Allah sebagai pembimbing remaja Kristen agar memiliki kedewasaan iman dalam menghadapi pergumulan hidup
·         Menuliskan dan menyampaikan pendapat masing masing tentang ciri- cirri dan bentuk- bentuk kedewasaan remaja Kristen.

D.      Materi Pembelajaran
Ø  Bertumbuh dan semakin berhikmat (1 Samuel 3: 19; 2: 26; 1 Korintus 3: 1-9)
·         Pengertian remaja Kristen yang dewasa
·         Ciri- cirri kedewasaan dan bentuk- bentuk kedewasaan.
·         Kedewasaan yang benar menurut iman KristenKristen
·         Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
·         Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.


E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

G.      Sumber Belajar
·         Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
·         Buku refensi yang relevan,
·         Alkitab
·         Lingkungan setempat

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengertian remaja Kristen yang dewasa
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi remaja Kristen yang dewasa dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi remaja Kristen yang dewasa
Ø Pemberian contoh-contoh materi remaja Kristen yang dewasa untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan remaja Kristen yang dewasa.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
v Mendengar
Pemberian materi cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Ø Mengamati dengan seksama materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Ø Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Ø Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Ø Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengertian dan dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa.
v Mengumpulkan informasi
Ø Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
v Mengolah informasi dari materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa  
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengertian dan Fungsi Keluarga.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengertian dan Fungsi Keluarga.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengertian dan cirri- cirri remaja Kristen yang dewasa kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
v Mendengar
Pemberian materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
v Mengolah informasi dari materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen
v Menjawab pertanyaan tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kedewasaan yang benar menurut iman Kristen kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

3 . Pertemuan Ketiga (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
v Mendengar
Pemberian materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
v Mengolah informasi dari materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”
v Menjawab pertanyaan tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo”.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Memahami kedewasaan yang berhikmat dari tokoh Alkitab : “Raja Salomo” kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

4 . Pertemuan Keempat (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
v Mendengar
Pemberian materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
v Mengolah informasi dari materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengalaman hidup remaja yang yang terus bertumbuh dan berkembang menuju kedewasaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.














I.          Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

No
Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1





2





3





4





5





Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4

2.       Penilaian Pengetahuan
Contoh Penilaian Tertulis

Sekolah            : SMA Negeri 2 Balige
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : X/1

 Mensuplai jawaban singkat atau pendek:
1. Sebutkan ciri-ciri orang Kristen yang dewasa secara rohani.  
2. ..................................

Cara Penskoran:
Skor diberikan kepada peserta didik tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan/ditetapkan guru. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.


3.       Penilaian Keterampilan,  contoh Check list
Format Penilaian Praktik: bermain peran tokoh/cerita Alkitab
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____

No
Aspek Yang Dinilai
Skala Penilaian
5
4
3
2
1
1.
Penghayatan





2.
Atribut pendukung yang digunakan





3.
Kerja sama





4.
Ketepatan isi cerita







Keterangan:
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:
5 = sangat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = sangat kurang

Penilaian unjuk kerja yang menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai mem­beri nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian teren­tang dari tidak sempurna sampai sangat sempurna. Misalnya: 5 = sangat kompeten, 4 = kompeten, 3 = cukup kompeten, 2 = kurang kompeten, dan 1 = sangat kurang kompeten. Untuk memperkecil faktor subyektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari satu orang, agar hasil penilaian lebih akurat.



4.       Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik penilaian:
1)       Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.
(d)     Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.

Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Kejelasan dan Kedalaman Informasi
T
TT
R
R
1








Dst.









2)       Keaktifan dalam diskusi
(a)     Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b)     Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c)     Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d)     Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.

Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Keaktifan dalam Diskusi
T
TT
R
R
1








Dst.









3)       Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
(b)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
Kejelasan dan Kerapian Presentasi
T
TT
R
R
1








Dst.









5.       Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).




CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                                                  : SMA Negeri 2 Balige
Kelas/Semester                                     : X / I
Mat Pelajaran                                       : Pendidikan Agama Kristen
Ulangan Harian Ke                              : ........................
Tanggal Ulangan Harian                    : ........................
Bentuk Ulangan Harian                     : ........................
Materi Ulangan Harian                       : ........................
(KD/Indikator                                       : ........................
KKM                                                       : ........................

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Ket.
1






2






3






4






dst,







6.       Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi  sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

7.       Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom kolom kegiatan dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi.





                                                                                                                           Soposurung,  18 Juli 2019

Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Balige                                                     Guru Mata Pelajaran




Aldon Samosir, S.Pd., M.Si                                                                        Paian Tambunan
NIP/NRK.19711224 199801 1 001                                                        NIP/NRK. 19880908 201403 1 002


Catatan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Balige
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA