RPP K 13 REVISI TERBARU UNTUK SMA DAN SMK KELAS XI TAHUN AJARAN 2019- 2020
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA NEGERI 2 BALIGE
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: XI
/ Ganjil
Tema :
Keluarga dan Modernisasi
Materi
Pokok : Tuhan Pedoman Bagi Kehidupan Keluarga
Alokasi
Waktu : 4
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mengakui
peran Allah dalam kehidupan keluarga
|
· Mengakui peran Allah dalam
kehidupan keluarga
|
2.1 Mengembangkan
perilaku tanggung jawab sebagai wujud pengakuan terhadap peran Allah dalam
kehidupan keluarga
|
· Mengembangkan perilaku tanggung
jawab sebagai wujud pengakuan terhadap peran Allah dalam kehidupan keluarga
|
3.1 Memahami
peran Allah dalam kehidupan keluarga
|
· Menjelaskan pengertian dan bentuk
keluarga
· Menguraikan fungsi keluarga
· Mengungkapkan peran Allah dalam
kehidupan keluarga
· Menghayati dan memaknai peran
Allah dalam kehidupan keluarga dengan menjunjung tinggi nilai kristiani
|
4.1 Bersaksi
tentang peran Allah dalam keluarganya
|
· Menuliskan dan menyampaikan
kesaksian pribadi tentang peran Allah dalam kehidupan keluarga peserta didik
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengakui peran Allah dalam kehidupan keluarga
·
Mengembangkan perilaku tanggung jawab sebagai wujud pengakuan
terhadap peran Allah dalam kehidupan keluarga
·
Menjelaskan pengertian dan bentuk keluarga
·
Menguraikan fungsi keluarga
·
Mengungkapkan peran Allah dalam kehidupan keluarga
·
Menghayati dan memaknai peran Allah dalam kehidupan
keluarga dengan menjunjung tinggi nilai kristiani
·
Menuliskan dan menyampaikan kesaksian pribadi tentang
peran Allah dalam kehidupan keluarga peserta didik
D.
Materi
Pembelajaran
Ø
Tuhan Pedoman Bagi Kehidupan Keluarga
·
Pengertian
dan Fungsi Keluarga
·
Peran
Allah dalam Kehidupan Keluarga
·
Allah
dan Keluargaku
·
Melibatkan
Tuhan dalam kehidupan Keluarga
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI,
Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Alkitab
·
Lingkungan setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengertian dan Fungsi Keluarga
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Pengertian dan
Fungsi Keluarga berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Pengertian
dan Fungsi Keluarga yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengertian
dan Fungsi Keluarga yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengertian dan Fungsi Keluarga.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengertian dan Fungsi Keluarga.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pengertian
dan Fungsi Keluarga kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Peran Allah dalam Kehidupan Keluarga
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Peran Allah dalam
Kehidupan Keluarga berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Peran Allah
dalam Kehidupan Keluarga yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Peran
Allah dalam Kehidupan Keluarga yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Peran Allah dalam Kehidupan Keluarga.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Peran Allah dalam Kehidupan Keluarga.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Peran
Allah dalam Kehidupan Keluarga kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Allah dan Keluargaku
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Allah dan
Keluargaku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Allah dan
Keluargaku yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Allah
dan Keluargaku yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Allah dan Keluargaku.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Allah dan Keluargaku.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Allah
dan Keluargaku kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
4 . Pertemuan Keempat (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Melibatkan Tuhan dalam kehidupan
Keluarga
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Melibatkan Tuhan
dalam kehidupan Keluarga berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Melibatkan
Tuhan dalam kehidupan Keluarga yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Melibatkan
Tuhan dalam kehidupan Keluarga yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Melibatkan Tuhan dalam kehidupan Keluarga.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Melibatkan Tuhan dalam kehidupan Keluarga.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Melibatkan
Tuhan dalam kehidupan Keluarga kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√)
yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
||
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah
skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4
2.
Penilaian Pengetahuan
Contoh Penilaian Tertulis
Sekolah : SMA Negeri 2 Balige
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen
Kelas/Semester : XI/1
Mensuplai
jawaban singkat atau pendek:
1.
Sebutkan ciri-ciri orang yang memelihara iman.
2.
..................................
Cara
Penskoran:
Skor diberikan kepada peserta didik
tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan/ditetapkan
guru. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
3.
Penilaian Keterampilan, contoh
Check list
Format Penilaian Praktik: bermain peran
tokoh/cerita Alkitab
Nama peserta didik: ________ Kelas:
_____
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skala Penilaian
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penghayatan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Atribut pendukung yang digunakan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kerja sama
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ketepatan isi cerita
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria penilaian dapat dilakukan
sebagai berikut:
5 = sangat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = sangat kurang
Penilaian unjuk kerja yang menggunakan
skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan
kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di mana pilihan
kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian terentang dari tidak sempurna
sampai sangat sempurna. Misalnya: 5 = sangat kompeten, 4 = kompeten, 3 = cukup
kompeten, 2 = kurang kompeten, dan 1 = sangat kurang kompeten. Untuk
memperkecil faktor subyektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari
satu orang, agar hasil penilaian lebih akurat.
4.
Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi
tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik penilaian:
1) Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi kurang lengkap, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kedalaman Informasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Keaktifan dalam diskusi
(a) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Keaktifan dalam Diskusi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3) Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas
dan rapi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan
rapi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas
dan kurang rapi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas
dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan Kerapian Presentasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai
materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru.
Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas
individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada
waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar,
apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam
pelajaran selesai).
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah :
SMA Negeri 2 Balige
Kelas/Semester : X / I
Mat Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Ulangan Harian Ke :
........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian :
........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst,
|
|
|
|
|
|
|
6.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta
didik yang sudah menguasai materi
sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan
berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas
lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan.
7.
Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang
tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik
memperlihatkan kolom kolom kegiatan dalam buku teks peserta didik kepada orang
tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan
buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik
setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan
pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait
dengan materi.
Soposurung, 18 Juli 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 2
Balige Guru
Mata Pelajaran
Aldon Samosir, S.Pd., M.Si Paian Tambunan
NIP/NRK. 19711224 199801 1 001 NIP/NRK.
19880908 201403 1 002
Catatan Kepala
Sekolah SMA Negeri 2 Balige
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar