SMA NEGERI 2 BALIGE UJIAN BERINTEGRITAS

SMA NEGERI 2 BALIGE
UJIAN BERINTEGRITAS
PRESTASI PENTING, NAMUN CARA MENGGAPAINYA HARUS DICAPAI DENGAN JUJUR
SENIN, 09 MARET 2020

"Pendidikan ini akan berkualitas, jika seluruh Proses pembelajaran dilakukan dengan berintegritas. Prestasi belajar harus diperoleh dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran"
(Kepala SMA Negeri 2 Balige: Bapak Aldon Samosir,S.Pd.,M.Si)


Hari ini, senin 09 Maret 20020, SMA Negeri 2 Balige melaksanakan Ujian Tengah Semester untuk semeter Genap. Untuk mengetahui perkembangan belajar siswa, tentu harus dilakukan program evaluasi pembelajaran melalui ujian. Berbagai penilaian yang diterapkan oleh suatu sekolah dapat kita lihat dalam kurikulum yang diberlakukan di sekolah tersebut. Kita berharap semakin banyaknya terobosan baru untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Sekaitan dengan visi dan misi Pendidikan Nasional, maka SMA Negeri 2 Balige terus menjadi garda terdepan dalam melakukan terobosan- terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Setiap tahapan perkembangan siswa selalu di upgrade dalam catatan- catatan hasil belajar siswa yang dapat menjadi acuan kepada sekolah untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas kerja dan mutu lulusan SMA Negeri 2 Balige.

Dalam Pelaksanaan Ujian PTS Semester Genap TP. 2019/2020 kali ini, Bapak Kepala SMA Negeri 2 Balige, mengumandangkan Slogan " Ujian Berintegritas" yaitu pelaksanaan ujian yang benar- benar jujur dan mampu mengukur kemampuan peserta didik dengan valid.

KKBI (KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA)
Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Kita sering bertanya- tanya apa alasannya mengapa Bapak Kepala Sekolah gencar mengumandangkan slogan ini. Bukankah kurikulum kita sudah sangat detail menguraikan seluruh proses belajar mengajar di sekolah? Dalam RPP, kita sudah mencantumkan berbagai teknik evaluasi belajar yang memang sangat baik untuk diterapkan kepada peserta didik dalam skala Nasional Pendidikan kita?



Di sinilah letak perbedaannya. "Sebagai insan pendidik, kita perlu mengupgrade teknik dan pelaksanaan pendidikan kita", kata Bapak Kepala SMA Negeri 2 Balige Bapak Aldon Samosir, S.Pd.,M.Si. Seiring perkembangan teknologi yang serba canggih ini, kita harus mampu mendesain proses pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman, demikian beliau menegaskan. 

"Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan murni dari siswa- siswi, tentu harus melakukan evaluasi belajar secara tepat dan jujur. Melalui Ujian Berintegritas kali ini, SMA Negeri 2 Balige bertekad untuk menjadi Instansi terdepan dalam menjaga mutu dan kualitas pendidikan kita. Ujian ini harus kita lakukan dengan jujur, murni, pengawas ujian tegas sehingga kita akan mendapatkan data statistik tingkat kemampuan siswa melalui proses ujian ini", tambah Bapak Samosir. 



Dalam arahannya, Bapak Aldon Samosir, mengingatkan agar seluruh panitia melaksanakan tugasnya dengan baik. Seluruh panitia harus bekerja sebagai tim (team work) dalam banyaknya pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan. Untuk meningkatkan mutu  pendidikan Nasional, SMA Negeri 2 Balige akan terus berjuang untuk menjaga kualitas pendidikan, demikian Bapak kepala sekolah menjelaskan panjang lebar.

Bapak Parlindungan Sihombing, S.si selaku ketua Panitia beserta seluruh anggota panitia menyambut baik arahan bapak kepala sekolah. Hal ini terbukti dengan selesainya tugas untuk sortir soal, sortir LJK, Pita Integritas, Daftar hadir untuk semua mata pelajaran pada hari ini. Panitia tinggal memperbaiki jikalau ada kekurangan- kekurangan kecil dari persiapan ini, mengingat jumlah mata pelajaran yang banyak untuk Jurusan IPA dan Jurusan IPS. Namun sepanjang pelaksanaan ini Panitia terus berjuang keras demi terselenggaranya Ujian Berintegritas kali ini.

Kita Panitia sangat bersyukur, karena SMA Negeri 2 Balige memiliki sumber daya yang sangat unggul dalam bidang kependidikan. Bapak Kepala Sekolah, Bapak/ibu Guru dan seluruh Civitas Akademik merupakan satu tim solid dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Balige. Hal ini di dukung oleh kompetensi Bapak/ ibu guru merupakan lulusan- lulusan terbaik dari Universitas terbaik di Indonesia. 

Doc. Proses Belajar Harian (ijin Pimpinan).

Semoga ke depan SMA Negeri 2 Balige semakin diberkati Yang Kuasa, dalam membangun generasi penerus Bangsa. Jayalah Indonesia Kita, Sejahtera Masyarakatnya. (Penulis: red)

Komentar

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong, bandar66, perang bacarat dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA