PEMBELAJARAN KELAS X MIA 9 SMA NEGERI 2 BALIGE


KARYA ALLAH DALAM KEPELBAGAIAN
KAMIS, 09 JANUARI 2020


Bangsa indonesia adalah bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku, budaya, daerah, agama maupun kelas sosialNamun masih banyak orang byang berpikir hanya dirinya atau kelompok sukunya, kelompok agamanya maupun kelompok bangsanya yang merupakan kelompok terbaik dibandingkan dengan yang lainnya. Pemahaman seperti ini berpotensi untuk merusak kerukunan hidup antar masyarakat maupun individu.

Manusia diciptakan  Allah dalam berbagai keunikan, antara lain warna kulit dan ciri- ciri fisik. Berbagai keunikan ini menjadi bukti bahwa Allah mengasihi semua manusia tanpa kecuali. Oleh karena itu, tiap orang patut menghargai sesamanya dalam perbedaan dan keunikan yang ada. Bukan hanya menghargai namun dapat membangun hubungan pertemanan dan persahabatan tanpa memandang berbagai perbedaan yang ada.

Bangsa indonesia disebut sebagai bangsa yang majemuk dan beragam. Keberagaman itu meliputi suku bangsa, agama, budaya, daerah dan sebagainya. Keberagaman ini kemudian dipersatukan oleh budaya gotong royong dan semboyan bangsa yaitu Bhineka Tunggal Ika yang hendak mempersatukan berbagai perbedaan tersebut dalam satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Namun demikian budaya dan semboyan tersebut takkan terwujud jika tidak dilakukan dalam praksis atau tindakan nyata.

Manusia diciptakan dalam berbagai keunikan dan perbedaan, berbagai keunikan serta perbedaan itu merupkan ciri khas dan identitasnyaManusia sebagai makluk mulia ciptaan Allah memiliki harkat dan martabat seseorangTuhan Yesus sering berdialog dengan orang- orang dari berbagai tingkat sosialCth: Nikodemus, zakheus dan perempuan samaria. Rasul Paulus juga berdialog dengan orang- orang dari berbagai tingkatan sosial. Ketika ia berada di Atena, paulus berdialog dengan para penyembah berhala, Stoa dan EpikurosRasul- rasul lain juga melakukan dialog dengan semua orang
Sebuah kisah tentang Interaksi Yesus denan manusia nampak bahwa kasih dan keadilan yang ditunjukkan-Nya berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Yesus membiarkan diri-Nya diminyaki oleh seorang perempuan yang dikenal sebagai perempuan pendosa, Yesus makan dengan para pemungut cukai, Ia minta air minum dari seorang perempuan samariaYesus menyembuhkan orang tanpa memandang dari mana asal usul mereka. Yesus memperluas makna keselamatan yang berasal dari Allah yang tadinya hany untuk oran yahudi menjadi keselamatan utnuk segala bangsa

      Kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggung jawab kepada tiap- tiap orang yang meminta pertanggung jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi hendaklah dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murni. (1 Petrus 3: 15)


Dari Nats di atas dapat kita maknai:
1.Kuduskanlah Kristus di dalam hatimu. Semua ajaran Yesus dan kekudusannya harus dihayati, dijalankan, dan dipelihara. Orang Kristen tidak mungkin melakukan ajaran imannya jika tidak menguduskan Tuhan.
2.Mempertanggungjawabkan iman. Tiap orang dipanggil untuk selalu siap mempertanggungjawabkan imannya termasuk di dalamnya identitas kamu sebagai remaja kristen. Jadi menjadi remaja Kristen bukanlah sekadar identitas seperti yang tertulis dalam KTP, melainkan menyangkut seluruh sikap hidup yang harus kamu tunjukkan pada orang lain. Dengan cara itu, orang- orang menyaksikan kehidupan kristiani yang sesungguhnya.
3.Dengan lemah lembut dan hormat serta hati yang murni. Salah satu ciri khas remaja Kristen yang dapat ditampakkan adalah sikap lemah lembut, ketulusan hati serta menghormati mereka yang pantas untuk dihormati


Dalam pergaulan dengan orang lain yang berbeda, kamu dapat melakukan apa yang dikatakan oleh Petrus. Kamu dapat menguduskan Tuhan, mempertanggungjawabkan iman serta bersikap lemah lembut ketika bergaul dengan mereka yang berbeda denganmu. Identitas sebagai orang Kristen bukanlah sekedar sebuah identitas, melainkan harus dibuktikan melalui tindakan. Itulah yang menunjukkan identitas kamu sebagai remaja Kristen.
                                                                                                  
                                                                                                    (PAIAN TAMBUNAN, M.Pd)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA