MEMANDANG MASA DEPAN DARI KACAMATA SEORANG PENDIDIK

MEMANDANG MASA DEPAN DARI " KACA MATA PENDIDIK": Remaja dan Cita- citanya
"I'm Going to change the world and this is my plan".
Oleh: Paian Tambunan

Setiap orang menginginkan masa depan yang lebih baik, kesuksesan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, mendapatkan apa yang diinginkan, tetapi seringkali kita terbentur oleh berbagai kendala. Kendala terbesar justru ada pada diri kita sendiri. sulit untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan ketika kita mau berusaha tetapi tidak ada semangat dalam diri, seperti halnya kita menginginkan  sesuatu tanpa ada usaha akan mustahil untuk mendapatkannya. (Pendidikan Agama Kristen, 2017)


Doc. Bapak Marudut Simangunsong. Sosok Pendidik di SMA Negeri 2 Balige dengan senyum yang khas.

Melakukan kajian terhadap masa depan tentu bukan hal yang muda. Apalagi bagi kaum remaja yang masih muda, mereka tentu membutuhkan banyak bimbingan untuk dapat meniti masa depan yang lebih baik. Pertanyaan yang paling umum, jika ingin mengetahui seseorang akan menjadi apa di masa depan adalah: "Apa cita- cita anda"?.
Cita- cita memang sebuah harapan yang ingin dicapai oleh seseorang. Impian yang ingin dicapai oleh seseorang di masa depan. Bagi sebagian orang cita- cita merupakan tujuan hidup, namun bagi sebagian lagi hanyalah mimpi belaka.
Orang yang memandang cita- cita sebagai tujuan hidup memiliki pandangan bahwa cita- cita merupakan sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus maju dengan langkah yang jelas dan pasti dalam kehidupannya.
Orang yang memandang cita- cita hanya mimpi belaka berpandangan bahwa cita- cita merupakan impian belaka tanpa api yang dapat membakar motivasi untuk melangkah maju.
Manusia tanpa cita- cita ibarat manusia yang tersesat yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia bahkan dapat lebih jauh tersesat. Cita- cita memang sebuah rancang bangun kehidupan seseorang.


Fenomena seseorang tanpa cita- cita bisa dengan mudah kita temui. Beberapa siswa/ i yang baru lulus SMA/ SMK  masih ada yang belum memiliki tujuan ingin melanjut kemana, atau ingin mencari pekerjaan di mana. Apa yang akan mereka lakukan setelah lulus? dan banyak indikator yang dapat kita temukan.

Komentar


  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D
    WA;+855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA