LITURGI SIMBOL UNTUK NATAL SMA NEGERI 2 BALIGE


A.     LITURGI SIMBOL
1.   Salib : Akulah jalan, kebenaran, dan hidup, tidak ada seorangpun yang sampai kepada Bapa tanpa melalui Aku.
2.Alkitab: Akulah Firman hidup, barangsiapa yang tinggal di dalam Aku, hendaklah iabersaksi tentang Aku, dan Aku juga akan menyaksikannya didalam Bapa-Ku.
3.      Lilin: Akulah terang dunia, barang siapa yang tinggal di dalam Aku tidak akan pernah berjalan dalam kegelapan, karena di dalam dirinya akan memancar sinar kehidupan.

4.   Pohon Natal:  Akulah pokok anggur yang benar barang siapa yang tinggal didalam Aku, dia akan berbuah lebat.


5.   Air : Akulah air kehidupan,barang siapa yang minum dari air ini, tidak akan haus sampai selama-lamanya, karena di dalam dirinya mengalir air kehidupan.


6.     Tempat Persembahan : Bawalah persembahan dan masuklah menghadap Dia, persembahkanlah persembahan yang Kudus bagi-Nya.

  
B.     LITURGI 1 ( PENCIPTAAN )
Tuhan Allah adalah Raja yang Maha Kuasa yang mencipkan langit dan bumi beserta semesta alam.Cakrawala yang luas dan elok, gunung-gunung yang tinggi menjulang, burung-burung yang berkicau dengan nyaring, menunjukkan keindahan hasil karya tangan Tuhan.Bagaimanakah semua ini terjadi?

1.      Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.


2.      Ketika Tuhan Allah menjadikan bumi dan langit, belum ada semak apapun dibumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab Tuhan Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu.


3.      Tetapi ada kabut naik keatas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu, ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya, demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.


4.      Langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya. Hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.


5.      Tiada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar, tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai keujung bumi.


6.      Ia memasang kemah di langit untuk matahari, yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya. Dari ujung langit ia terbit dan ia beredar sampai keujung yang lain. Tidak ada yang terlindung dari panas teriknya.


7.      Dia yang menutupi langit dengan awan-awan yang menyediakan hujan bagi bumi, yang membuat gunung-gunung yang menumbuhkan rumput. Dia yang memberi makanan kepada hewan, kepada anak-anak burung gagak yang memanggil-manggil.


8.      Ia menyampaikan perintahnya kepada bumi dengan Firman-Nya. Ia menurunkan salju seperti bulu domba dan menghamburkan embun beku seperti abu, Ia melemparkan air batu seperti pecah-pecahan.


9.      Siapakah yang tahan menghadap dinginnya? Ia menyampaikan Firman-Nya, lalu mencairkan semuanya, Ia meniupkan angin-Nya maka air mengalir.


10.  Sebab segala sesuatu adalah dari Dia dan oleh Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Untuk itu biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan.


11.  Saudara-saudara yang telah diciptakan oleh Tuhan dengan Firman-Nya, apakah jawaban kita atas segala hasil karya Tuhan ini?

12.  Biarlah kemuliaan Tuhan tetap untuk selama-lamanya. Biarlah Tuhan bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya.

C.    LITURGI 2 ( KEJATUHAN MANUSIA KE DALAM DOSA )
Sesungguhnya Tuhan itu baik dan benar.Kepada manusia diberi kebebasan yang bertanggung jawab.Tapi sungguh mengecewakan manusia, lebih memilih kebebasan yang salah. Manusia lebih mendengar bujuk rayu sang ular, sehingga ia sendiri harus mengalami kematian sebagai upahnya. Dan paling mengerikan manusia menjadi serigala terhadap sesamanya.Apakah yang dikatakan Allah?

1.      Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya, dimanakah engkau? Ia menjawab “ ketika aku mendengar engkau berada di taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang, sebab itu aku bersembunyi.


2.      Setelah Allah meminta pertanggungjawaban manusia itu, kemudian Allah mengusir mereka dari taman Eden. Sehingga mereka akan mengusahakan tanah untuk mendapatkan makanan mereka. Lalu apakah akibat dosa itu pada Zaman sekarang?


3.      Di mana-mana terdengar berita perang dan penindasan. Perang antar suku dan bangsa-bangsa. Ribuan bahkan jutaan nyawa melayang, kamp-kamp pengungsian di ujung peluru, siapa yang kuat ialah menjadi pemenang, bangsa kulit putih menindas kulit hitam terjadi kesenjangan utara selatan, demonstrasi terjadi dimana-mana.


4.      Lihatlah sekitarmu apakah mereka member janji dan harapan? Tidak. Sebab dimana-mana kita mendengar dan merasakan goncangan gempa bumi, tanah longsor, kelaparan, terror, hutan-hutan dibakar oleh orang yang tidak bertanggungjawab, sungguh sekitar kita menjadi ancaman yang menakutkan.


5.      Bagaimana hal itu terjadi di tengah-tengah kesibukanmu dan ditengah-tengah pekerjaanmu? Ya, setiap hari kami melihat keprihatinan, kesetiaan, dan pengabdian semakin memudar. Ganja, morfin, alcohol, ekstasi, dan sejenisnya telah merenggut harapan masa depan pemuda. Disetiap sudut kota dan desa, dikedai-kedai banyak terdapat kumpulan orang-orang yang santai dan tidak menentu.


6.      Pengangguran dan rakyat ekonomi lemah menggandrungi permainan spekulasi dan berkhayal saja. Yang kaya semakin kaya, perjudian dan keserakahan seolah-olah menjadi  mode trendi dimana-mana.


7.      Ya Tuhan, jauhkanlah kami dari pencobaan, lepaskanlah kami dari yang jahat, sembuhkanlah luka-luka dan penderitaan kami dan ampunilah segala dosa dan kejahatan kami.


8.      Berbahagialah bangsa yang Allahnya ialah Tuhan, suku bangsa yang dipilihNya menjadi milik-Nya sendiri. Biarlah segenap bumi takut kepada Tuhan, biarlah semua penduduk dunia gemetar terhadap Dia.

 D.    LITURGI 3 ( JANJI KESELAMATAN )
Allah masih mengasihi bangsa-bangsa yang dipilihNya menjadi umatNya, walaupun bangsa-bangsa telah jatuh kedalam dosa. Allah telah berjanji kepada Abraham akan memberi berkat kepada keturunannya karena itulah Allah tetap mengharapkan bangsa pilihanNya itu kembali kepadaNya melalui nabi-nabiNya, ia juga rela memberikan AnakNya yang tunggal agar bangsa-bangsa yang dipilihNya itu kembali kepadaNya.

1.      Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda, sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan Ia akan menamakan Dia Immanuel.


2.      Sebab seorang Anak telah lahir untuk kita seorang putera telah diberikan untuk kita, lambang pemerintahan ada di atas bahuNya, dan namaNya disebut orang:


3.      Penasehat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai, besar kuasanya dan damai sejahtera tidak berkesudahan diatas tahta Daud dan didalam kerajaannya, karena itu Ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya.


4.      Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh Allah akan ada padanya, Roh hikmat dan dan pengertian, Roh nasehat dan keperkasaan, Roh pengenalan dan Roh takut akan Tuhan.
  
5.      Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang. Serigala akan tinggal bersama domba, Anak lembu dan anak serigala akan makan rumput bersama-sama dan seorang anak kecil akan mengiringnya.


6.      Sesungguhnya seorang Raja akan memerintah menurut kebenaran, dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan. Dan mereka masing-masing akan seperti tempat perteduhan terhadap angin dan tempat perlindungan terhadap angin rebut.


7.      Mata orang-orang yang melihat tidak lagi akan tertutup, dan telinga orang-orang yang mendengar akan dipekakan, hati orang-orang terburu nabsu akan tau menimbang-nimbang, dan lidah-lidah orang gagap akan dapat jelas berbicara.


8.      Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepadaKu, dengarkanlah maka kamu akan hidup. Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.


9.      Sesungguhnya, Aku telah menetapkan Dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang Raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa.


10.  Aku melayangkan mataKu pula, maka aku melihat, tampak sebuah gulungan kitab yang terbang. BerkatalahIa kepadaku” Aku melihat sebuah gulungan yang terbang, panjangnya dua puluh hasta dan lebarnya sepuluh hasta.


11.  Inilah orang yang bernama tunas, ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan Bait Tuhan, dan Dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah diatas tahtanya, di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai aka nada diantara mereka berdua.


12.  Bersorak-soraklah dengan nyaring Hai putrid sion, bersorak-soraklah hai putri Jerusalem, lihat Rajamu datang kepadamu. Ia adil dan Jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai beban yang muda.


13.  Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem, busur perang akan dilenyapkan. Dan Ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa, wilayah kekuasaannya akan terbentang dari kelaut sampai kelaut dan dari sungai Efrat sampai keujung-ujung bumi.

E.     LITURGI 4 ( PENGGENAPAN KESELAMATAN )
Tuhan adalah pengasih dan penyayang.Dia tidak pernah melupakan keselamatan umatNya yang pernah dijanjikanNya.Tuhan adalah setia, karena begitu besar Kasih Allah, Yesus lahir di Betlehem.Firman itu menjadi daging dan diam ditengah-tengah kita.

1.      Apa yang dinubuatkan para Nabi itu menjadi kenyataan meski diluar dugaan manusia. Iadatang bukan di istana yang megah, bukan pula dikota besar, tetapi dikandang yang hina, kota kecil betlehem. Setelah genap waktunya Allah mengutus AnakNya yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum taurat.


2.      Ketika mereka tiba disana tibalah waktunya kepada Maria unutuk bersalin dan dia melahirkan seorang Anak laki-laki yang sulung, lalu dibungkusnya dengan kain lampin dan dibaringkannya dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka dirumah penginapan.


3.      Dari lahir dari gadis Maria yang telah bertunangan dengan Yusuf. Sebelum mereka sah menjadi suami isteri, Maria mengandung daripada Roh Kudus. Tunangan Maria adalah seorang yang tulus hati yang tak mau mencemarkan nama calon isterinya.


4.      Malaikat Tuhan Nampak kepada Yusuf di dalam mimpi dan menyuruh Yusuf mengambil Maria dan memperisteri Maria, sebab kandungan Maria berasal dari Roh Kudus, jadi katanya “Jangan Takut”.


5.      Akhirnya Yusuf mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi ia tidak bersetubuh dengan Maria sampai anak itu lahir ke bumi dan dia menamai-Nya Yesus.


6.      Ya Tuhan Yesus, lahirlah juga di dalam hati kami masing-masing dan datanglah diantara kami. Kiranya kelahiran-Mu membawa kedamaian dan kelimpahan, agar hidup kami menjadi alatMu di tengah-tengah kami umatMu.

F.     LITURGI 5 ( KEMULIAAN )
Malam ini kita telah mendengar kembali berita Natal yang tak pernah usang.Dan berita Natal itu juga mengundang kita, sekarang dan disini untuk memiliki hiodup yang disemangati oleh cinta kasih Allah, yang memberikan AnakNya yang tunggal demi keselamatan kita.

1.      Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama, janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana.


2.      Lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung kepadamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang.


3.      Hendaklah Damai Sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh dan bersyukurlah!


4.      Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaanNya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyayikan Mazmur dan puji-pujian.


5.      Dan semuanya ini dari Allah yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diriNya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kita.

.
6.      Marilah kita beriman yang teguh, dengan memperaktekkan hidup yang takut akan Tuhan, serta penuh kasih kepada sesama kita, dengan hidup yang jujur dan adil, sebab hidup yang demikianlah yang dikehendaki Tuhan.


7.      Dengan kedatangan Yesus sebagai Juruselamat, janji Allah telah dipenuhi. Dengan pemenuhan janji ilahi ini, Allah juga memanggil kita untuk hidup di dalam kasih, berjalan didalam damai dan mengisi hidup kita dengan sifat-sifat yang baik sebagai pengikut Yesus.


8.      Peliharalah kasih persaudaraan! Jangan lupa kamu memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan yang tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.


9.      Kami keluarga besar SMP N.1 Balige berharap dan bertekat untuk memelihara kasih persaudaraan untuk meningkatkan kerukunan dan keadilan, dan sekolah kami selalu damai dan hidup sejahtera.


Creativ: PAIAN TAMBUNAN
Guru SMA Negeri 2 Balige

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA