SMA NEGERI 2 BALIGE
. THEMA : HIDUP DAMAI DENGAN SEMUA ORANG
SUB THEMA : Melalui Perayaan Natal SMA Negeri 2 Balige, mari kita ciptakan suasana yang nyaman dan damai di lingkungan Sekolah, masyarakat, Bangsa dan Negara. 


LITURGI  I : PENCIPTAAN
Prolog :
          Dunia yang mana tempat kita untuk berdiri dan bertempat tinggal pada saat ini adalah merupakan karya ciptaan Allah. Allah menciptakan itu semuanya supaya termulialah namaNya bagi kita. bagaimanakah Allah menciptakan semuanya itu? Untuk itu marilah kita dengarkan liturgi penciptaan :
1.     Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. (Khusus untuk yang belum sekolah)
2.     Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Pada mulanya gelap semuanya, sunyi senyaplah samudera.
3.     Allah berfirman jadilah terang lalu terang itupun jadi
4......dst

LITURGI II : KEJATUHAN MANUSIA KE DALAM DOSA

Prolog :
          Selanjutnya, TUHAN ALLAH membuat taman di Eden, disebelah Timur, disitulah ditempatkannya manusia itu. Lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai – bagai pohon yang menarik dan pohon kehidupan di tengah – tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Lalu Tuhan Allah memberi perintah kepada manusia itu : Semua buah pohon yang ada dalam taman ini, boleh kau makan buahnya dengan bebas. Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati. Demikianlah Allah memberi perintah kepada manusia itu. Apakah manusia itu mentaati perintah itu?????
1.     Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN ALLAH. Ular itu berkata kepada perempuan itu : tentulah Allah berfirman : semua pohon dalam taman ini, jangan kamu makan buahnya bukan?
2.     Lalu sahut perempuan itu kepada ular  itu : Buah pohon – pohon dalam taman ini boleh kami makan, tetapi buah pohon yang adda di tengah – tengah taman, Allah berfirman : jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.
3.     Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu, sekali – kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui bahwa padda waktu kamu memakannya matamu akan terbuka dan kamu akan menjadi sama seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.
4. ....dst


LITURGI III : PEMBERITAAN KEDATANGAN MESIAS
Prolog :
          Semakin hari manusia semakin terikat dengan dosa. Manusia tidak mampu membawa dirinya untuk bertemu dengan Allah. Oleh sebab itu ALLAH memilih nabi – nabi menjadi perantara antara ALLAH dengan manusia. Dan melalui nabi - nabi Allah menyampaikan janjiNya tentang keselamatan yang akan menyelamatkan  manusia. Dan keselamatan itu berlaku bagi setiap manusia yang percaya kepadaNYA :
1.      Betapa indahnya kelihatan dari puncak – puncak bukit – bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada sion : Allahmu itu Raja.
2.     Ayo hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah. Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran.
3.     Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepadaKu. Dengarkanlah maka kamu akan hidup. Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh myang kujanjikan kepada Daud.
4....dst

LITURGI IV : TENTANG KELAHIRAN TUHAN YESUS
Prolog :
          Pemberitaan tentang kedatangan Juruselamat  telah dinubuatkan oleh para nabi – nabi sebelumnya. Dan kini pemberitaan tentang kedatangan akan Juruselamat manusia telah tergenapi di dalam wujud diri seorang manusia yang disebut dengan Yesus Kristus. Dialah Raja di atas segala raja, yang pemerintahanNya kekal selama – lamanya. Sebagai seorang manusia Yesus dilahirkan dari seorang gadis perawan yang bernama Maria. Bagaimanakah kisah kelahiran Yesus ini? Untuk itu marilah kita mendengarkan liturgi :
1.     Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
2.     Kelahiran Yesus adalah seperti berikut : Pada waktu Maria, ibuNya bertunangan dengan yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami istri.
3.     Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama istrinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam – diam.
4.......dst


LITURGI V : KEYAKINAN IMAN ORANG PERCAYA
Prolog :
          Demikianlah Allah menggenapi janjiNya dalam Kristus Yesus. Dan dalam keadaan sebagai manusia, ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku, Yesus Kristus adalah Tuhan, bagi kemuliaan Allah Bapa.
1.     Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut,  demikianlah maut itu telah menjalar ke semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa, demikian pula oleh satu orang, manusia beroleh kasih karunia Allah yaitu melalui Yesus Kristus.
2.     Karena kita tahu bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi, maut tidak berkuasa lagi atas Dia. Sebab kematianNya adalah kematian terhadap dosa, satu kali ddan untuk selama – lamanya, dan kehidupanNya adalah kehidupan bagi Allah.
3.     Demikianlah hendaknya kamu memandangnya, bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus. Dan sekarang tidak ada lagi penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Yesus Kristus
4. .....dst

@untuk liturgi lengkap, silakan komen textbox komentar!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI NATAL SISWA SMA NEGERI 2 BALIGE

RPP K13 REVISI TERBARU 2019

SMA NEGERI 2 BALIGE RAPAT OSIS BIDANG 7K, 3 R, GREEN HOUSE, TOGA